Wednesday, July 29, 2015

SIKLUS PENDAPATAN

BAB X
SIKLUS PENDAPATAN
1.      PENDAHULUAN
Siklus pendapatan adalah serangkaian kegiatan bisnis yang terjadi secara berulang dan kegiatan pengolahan informasi yang berhubungan dengan penyerahan barang dan jasa kepada pelanggan dan penerima pembayaran kas dari penyerahan barang dan jasa tersebut. Siklus ini mencatat 4 (empat) aktivitas atau kejadian ekonomi, yaitu :
(1)    Penerimaan pesanan barang atau jasa dari pelanggan – dicatat dengan menggunakan sistem aplikasi pengolahan pesanan
(2)   Pengiriman barang atau jasa kepada pelanggan – dicatat dengan menggunakan sistem aplikasi pengiriman
(3)   Penagihan kepada pelanggan – dicatat dengan menggunakan sistem aplikasi penagihan, dan
(4)   Penerimaan kas dari pembeli – dicatat dengan menggunakan sistem aplikasi penerimaan kas
Siklus pendapatan berhubungan dengan siklus lain sebagaimana ditunjukkan pada gambar 10.1. Pada gambar tersebut terlihat bahwa pihak ekstern yang dominan berhubungan dan bertukar informasi adalah konsumen atau pelanggan. Selain itu, arus informasi internal juga terjadi antara siklus pendapatan dengan siklus lain, yaitu :
a.       Siklus pengeluaran dari produksi untuk aktivitas pembelian atau produksi barang untuk memenuhi permintaan konsumen
b.      Sistem penggajian atau manajemen sumber daya manusia untuk menghitung penjualan dan bonus
c.       Siklus pembukuan dan pelaporan untuk menyusun laporan keuangan dan laporan kinerja


Gambar 10.1. Siklus Pendapatan



2.      DATAFLOW DIAGRAM SILUS PENDAPATAN
Untuk memperkenalkan logika fungsi dari siklus pendapatan kita akan mempelajari terlebih dahulu Diagram Arus Data (DAD) dan arus dokumen yang menggambarkan lingkungan kegiatan manual. Walaupun sebagian besar organisasi memekai teknologi computer dalam bentuk berbeda satu dengan yang lainnya dalam melakukan tugas tersebut, adalah merupakan suatu keharusan untuk mempelajari sistem secara manual terlebih dahulu sebelum mempelajari sistem berbasis computer.

DAD dalam gambar 10.2 dan 10.3 memberikan tinjauan tentang logika aktivitas yang menggambarkan sistem proses pesanan penjualan. Proses tersebut langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Proses penjualan dimulai dari pelanggan menghubungi departemen penjualan. Bentuk hubungan ini dapat melalui telepon, surat atau datang secar alangsung. Departemen Penjualan akan menangkap seluruh detail informasi dari kejadian tersebut dan mencatatnya pada pesanan penjualan. Informasi ini akan menyebabkan terjadinya beberapa kegiatan lainnya.
2.      Langkah pertama proses penjualan adalah melakukan pengesahan transaksi dengan melalui proses persetujuan kredit untuk pelanggan.
3.      Saat kredit tersesbut disetujui, informasi penjualan akan diteruskan ke departemen penagihan, pengudangan dan pengiriman
4.      Langkah selanjutnya adalah mengirimkan barang dagangan, yang harus dilakukan segera setelah persetujuan kredit diperoleh. Jika proses tersebut berjalan terlalu lama, pelanggan mungkin akan membatalkan pesanan dan mencari pemasok lainnya. Proses pengiriman akan merekonsiliasi barang yang diterima dari gudang dengan informasi penjualan yang sudah diterima terlebih dahulu.
5.      Proses penagihan akan mengumpulkan dokumen – dokumen yang relevan dengan transaksi tersebut (produk, harga, biaya pengurusan, angkutan, pajak dan syarat potongan harga) dan menagihkannya ke proses piutang dan prosedur pengendalian persediaan.
6.      Bagian piutang menerima informasi penagihan dan mencatatnya ke dalam catatan laporan keuangan
7.      Bagian pengendalian persediaan menggunakan informasi dari bagian penagihan untuk menyesuaikan data persediaan untuk menggambarkan penurunan persediaan.
8.      Secara berkala (setiap, batch, harian, mingguan, bulanan dan seterusnya) proses penagihan, piutang, dan pengendalian persediaan melakukan perhitungan rekapitulasi dan meneruskan informasi ini ke proses buku besar umum. Rekapitulasi ini termasuk:
(a)     total penjualan dari penagihan
(b)    total kenaikan jumlah piutang, dan
(c)     total penurunan persediaan

Berdasarkan informasi tersebut, buku besar umum melakukan proses ke setiap rekening yang dipengaruhi oleh transaksi penjualan selama periode berjalan.

1 comment: