Wednesday, July 29, 2015

PEMBUATAN TAHU KRISPI

TAHU KRISPI
(Tahu yang Rasanya Gurih, Renyah dan Nikmat)


1.        Ulasan Deskripsi Bisnis
Apa Itu Tahu Krispy ?
Akhir akhir ini sedang ngetrend jenis camilan siap saji. Salah satu yang digemari adalah tahu krispi, yakni tahu dengan potongan kecil yang diberi lapisan tepung renyah dengan penampilan keriting serta diberi aneka toping bumbu dan saos.  Camilan yang langsung digoreng saat di pesan ini sering dijual di beberapa mall besar sampai pusat perbelanjaan. Aneka rasa yang paling populer dengan bumbu tabur mulai balado, bumbu asin pedas, ayam panggang atau aneka bumbu tabur lainnya. Camilan seperti ini sering disebut tahu krispi karena permukaan lapisan tepungnya yang keriting  atau krispi yang renyah rasanya.

Cara menghidangkan sangat praktis, cukup goreng dalam 2 atau 3 menit dalam minyak panas, tabur bumbu, dan saos cabe, tahu krispi siap dihidangkan atau dipesan untuk makanan ringan. Cara hidang yang praktis, cocok disajikan hangat dan mudah ini merupakan salah alasan mengapa usaha tahu krispi ini banyak diminati pengusaha. Sementara tahu adalah makanan yang paling populer di Indonesia. Setiap hari orang mengkonsumsi baik untuk lauk maupun camilan. Jadi dengan begitu, tidak perlu biaya ekstra untuk mengenalkan camilan ini kesemua orang. Tahu digemari dan dikenal. Apalagi jika tahu tampil baru dengan lapisan tepung renyah ditaburi aneka bumbu. Pasti lebih gurih, modern dan trendi. Penggemarnya banyak, tak bakal rugi.

Tahu, bisa mendapatkan di penjual tahu di pasaran. Pilih jenis tahu yang bagus. Tidak ada keharusan menggunakan satu jenis tahu tertentu harus mirip tahu krispi yang sudah terkenal. Tekstur dan rasa tahu anda bisa saja berbeda rasa dengan merk terkenal. Yang paling penting adalah mutu dan konsistensi nya. Agar yakin, sebaiknya anda memastikan sendiri dari pembuat tahu. Tahu sutra, tahu bandung , tahu cina atau tahu tahu lainnya yang banyak dibuat oleh home industri bisa anda gunakan. Agar hasilnya bagus, sebaiknya tahu dikukus terlebih dahulu.
Tepung krispi, anda bisa mencampurnya sendiri dengan mengunakan tepung beras, tepung terigu, telur, baking soda dan bumbu ( bawang putih, vitsin, merica dll).
Bumbu tabur, yakni bumbu siap pakai yang hanya tinggal tabur setelah digoreng. Bisa dibeli di pasaran atau supplier bumbu. Aneka rasa tersedia mulai balado, ayam bakar, pizza, bumbu lada sapi hitam, bakso, strawberi atau coklat. Bumbunya sangat ringan sehingga pemakaian tidak banyak . Namun bumbu ini mudah menggumpal, harus disimpan di toples tertutup. Mayonase, saos tomat dan saos cabe bisa dibeli di toko terdekat.

2.        Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran dilakukan dibeberapa tempat, diantaranya:
·         Karyawan Koperasi Karyawan bank bjb
Pemasaran dilakukan pada hari senin-jumat sesuai jam bekerja.
·         Mahasiswa/Mahasiswi kelas karyawan jurusan Akuntansi Reguler-B
Pemasaran di kampus widyatama Khususnya mahasiswa/mahasiswi kelas akuntansi rguler B dilakukan pada hari sabtu dan Minggu.
·         Penghuni Kost-kostan Ibu Hesti
Pemasaran dilakukan setiap hari pada pagi hari untuk jamuan sarapan atau pada malam hari untuk mengisi waktu istirahat mereka dengan camilan tahu krispy.

3.      Analisa Pesaing
Pesaing hanya ada pada saat pemasaran lokasi kampus Widyatama. Karena ada penjual krispy di Foodcourtnya. Namun pesaing tersebut tidak menjadi halangan dalam usaha yang akan saya jalani.


4.        Cara Menyajikan Tahu Krispy

Untuk membuat tahu krispy maka peralatan yang diperlukan sebagai berikut :
1     Kompor dan elpiji
5.        Wajan penggorengan
6.        Spatula (sutil)
7.        Pisau
8.        Talenan
9.        Shaker
10.    Wadah Tepung
11.    Bumbu tabur
Selain itu adapun bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya:

Bahan
Komposisi
Tahu
20 potong, potong menjadi bentuk segiempat kecil-kecil
Garam
Secukupnya
Tepung beras
100 gr
Tepung terigu
400 gr
Merica
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya
Saos
secukupnya
Bumbu Tabur
secukupnya

Cara Membuat :
§  Siapkan alat dan bahan secara lengkap.
§  Potonglah tahu menjadi sepuluh bagian memanjang panjang 5-7 cm. Lalu sisihkan.
§  Campurkan tepung terigu dengan tepung beras dan berilah bumbu secukupnya..
§  masukan tahu tersebut lalu gulingkan hingga tepung menempel pada tahu dan mencapai ketebalan yang diinginkan.
§  Lalu gorenglah dalam minyak panas selama beberapa menit, setengah matang. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai habis. Kemas dan simpan.


5. Rencana Desain dan Pengembangan
Dalam konsep usaha tahu krispy ini, saya berncana mengunakan kemasan seperti gambar dibawah ini:
Description: http://www.restodb.com/restolovers/2007/01/31/c957e16105561a4823f5716f239bf1f9/crispy_s.jpg


6. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

No comments:

Post a Comment