MANAJEMEN BISNIS
ERNA
SARIFATULLOH
011304028
Indofood Sukses Makmur
Salah satu
perusahaan yang sangat terkenal di Indonesia adalah Indofood Sukses Makmur,
atau yang lebih dikenal dengan naman Indofood. Perusahaan ini didirikan pada tahun
1990 oleh alm Sudono Salim dengan nama awal Panganjaya Intikusuma. Pada tahun
1994 perusahaan berganti naman menjadi Indofood dan pada saat bersamaan Hendy
Gunawan, direktur pemasaran pada saat itu melakukan peninjauan strategi
pemasaran serta performa perusahaan, salah satu yang dievaluasi adalah produk
mie instant.
Pada saat
itu penjualan produk meningkat selama 2 tahun dengan pertumbuhan mencapai 53%
dan 95% antara tahun 1991 - 1993. Perusahaan berencana melakukan IPO pada akhir
1994 dan pada saat itu keputusan penting yang diambil adalah terkait dengan
produk perusahaan dan wilayah regional yang akan menjadi target sasaran.
Sangat
penting bagi Indofood untuk mempertahankan kondisi market leader saat
itu. Posisi itu dapat dicapai dengan melancarkan penetrasi produk yang kuat dan
didukung oleh kontrol distribusi serta produksi yang ketat. Dengan kebijakan
ini perusahaan dapat mengontrol biaya dan mempengaruhi kebijakan harga. Harga
menjadi faktor penting karena banyak produknya adalah kebutuhan pangan
sehari-hari sehingga konsumen cukup sensitif dengan harga. Strategi perusahaan
dapat dibagi menjadi 4 pilar yaitu kemapuan organisasi, kemapuan pemasaran,
kemampuan produksi dan kapabilitas tim manajemen dalam menyuarakan
kebijakan.
Indofood melakukan investasi yang kuat dalam
membangun dan mempertahankan merek. Usaha pemasaran dilakukan melalui iklan di
banyak media massa dan sponsorship padabanyak event . Saat itu
Indofood mengembangkan tim riset dengan mempekerjakan sebanyak 60 orang untuk
membantu perusahaan merespon secara efektif pergerakan tren, preferensi,
dan ekspektasi pasar. Indofood juga memiliki departemen desain kemasan sendiri.
Pada tahun 1990an perusahaan memiliki sistem distribusi makanan terbesar di
Indonesia. Aktifitas dan distribusi ini dikoordinasikan melalui sistem infomasi
manajemen.
Pada tahun
1994 , Indofood berhasil menjadi produsen mie instant terbesar di dunia dengan
pangsa pasar sebesar 90% di Indonesia. Sampai saat ini Indofood adalah salah
satu perusahaan yang produknya dikenal masyarakat Indonesia dan berhasil
menguasai pasar ekspordengan sejumlah produknya. Dan jangan lupa untuk
menggunakan OXONE Bread
Toaster [OX-222] untuk memanggang roti produk Indofood.
Sumber:http://www.perencanaanpemasaran.com/2013/04/contoh-kasus-pemasaran-indofood-sukses.html
ANALISA:
Indofood
Sukses Makmur merupakan contoh kasus perusahaan yang berhasil dalam bidang
perencanaan pemasaran. Salah satu karyawannya yg bernama Hendy Gunawan (Manager
Marketing) dapat mengevaluasi satu produknya yaitu mie instant. Mie instan
dipasarkan melalui iklan di banyak media massa dan sponsorship pada banyak event, Hingga Pada tahun 1990an sampai sekarang perusahaan
memiliki sistem distribusi makanan terbesar di Indonesia. Hal tersebut
merupakan goals atau tujuan yang diraih oleh peusahaan Indofood.
No comments:
Post a Comment