Wednesday, December 30, 2015

PT SIDO MUNCUL

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam ilmu ekonomi, perusahaan adalah suatu satuan ekonomi yang bertujuan menyelenggarakan sebagian dari proses produksi masyarakat guna memperoleh laba atau penghasilan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya terdapat berbagai persoalan yang sering muncul dalam setiap perusahaan pada umumnya, yakni bagaimana perusahaan dapat memperoleh bahan baku dengan mudah dan dengan biaya yang rendah, bagaimana perusahaan dapat melakukan kegiatan proses produksi, bagaimana peruahaan dapat memasarkan hasil produksi kepada konsumen sehingga perusahaan dapat memperoleh penghasilan tertentu dengan biaya seminimal mungkin. Sebagian besar perusahaan biasanya mengadakan berbagai pertimbangan-pertimbangan dalam memilih bahan baku, khususnya adalah bagaimana perusahaan dapat memperoleh bahan baku yang berkualitas dengan tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi.
Kegiatan produksi dalam perusahaan khususnya perusahaan-perusahaan modern, biasanya didominasi oleh mesin-mesin pabrik sehingga dalam melakukan penataan mesin-mesin tersebut harus diperhatikan agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi, kegiatan produksi tetap tidak dapat terlepas dari peran para pekerja/ sumber daya manusia. Misalnya: perusahaan Sido Muncul dalam proses produksi jamu selain menggunakan mesin modern juga tetap memanfaatkan sumber daya manusia yang ada. Dalam penyortiran bahan baku dan pengemasan sebagian tetap masih mengunakan jasa para pekerja. Di samping itu, hal lain yang berpengaruh dalam proses produksi adalah keterkaitan waktu kerja. Bagaimana suatu perusahaan dapat memproduksi sesuai dengan permintaan pasar ataupun sesuai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal lainnya juga harus diperhatikan oleh sebagian besar perusahaan adalah bagaimana perusahaan dapat menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga para konsumen dapat tertarik untuk tetap mengkonsumsi tanpa harus berpindah ke produk lain.

B. TUJUAN KUNJUNGAN PERUSAHAAN
Kunjungan perusahaan yang dilakukan pada hari Rabu, 10 Juni 2015 merupakan salah satunya dalam rangka kunjungan industri untuk memenuhi pra prakerin. Disamping itu ,diadakannya kunjungan perusahaan ini bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan baru kepada para siswa siswi mengenai apa yang sesungguhnya terjadi dilapangan terkait dengan kegiatan perekonomian khususnya di bidang produksi agar para siswa siswi tidak hanya memahami informasi dari sumber buku saja, akan tetapi dapat membandingkannya dengan kejadian langsung dilapangan.


BAB II
TINJAUAN UMUM

A. PELAKSANAAN KEGIATAN
Sido Muncul sebagai salah satu perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, PT. Sido Muncul harus bisa mempertahankan citra dan eksistensi produknya ditengah masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan PT. Sido Muncul adalah melalui kegiatan CSR. CSR menurut Netufe yang mengutip definisi dari WBCSD (World Bisnis Council for Suitanable Development) adalah “komitmen berkelanjutan kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberikan sumbangan pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan”.
Tujuan CSR PT. Sido Muncul melalui program Mudik Gratis bersama Sido Muncul. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan penelitian, Kegiatan ini dikategorikan sebagai CSR dalam bentuk Charity dan Sponsorship. Kegiatan ini berdasarkan 4 tahapan proses PR. PT. Sido Muncul melakukan semua tahapan proses kegiatan PR tersebut.
Tahap pertama fact finding, disini diketahui latar belakang kegiatan ini dilaksanakan yaitu karena adanya keinginan perusahaan untuk memberikan ucapan terimakasih kepada masyarakat khususnya pedagang jamu yang secara tidak langsung telah membantu memasarkan produk Sido Muncul.
 Tahap kedua adalah perencanaan disini PT. Sido Muncul melakukan hampir semua tahap perencanaan yaitu menentukan tujuan, identifikasi khalayak, pesan, skala waktu serta sumber daya, tapi sayangnya PT. Sido Muncul tidak menetapkan strategi dan taktik.
Tahap ketiga adalah pelaksanaan disini PT. Sido Muncul melakukan sosialisasi kegiatan, menentukan lokasi, menentukan penanggung jawab program dan melakukan pelaksanaan sesuai dengan prosedur pelaksanaan sebagai patokan. Dan tahap terakhir adalah evaluasi disini PT. Sido Muncul mencatat kendala dalam pelaksanaan, melihat apakah tujuan telah tercapai, mengetahui dampak kegiatan dan mengetahui tanggapan serta opini publik terhadap kegiatan ini. Kegiatan tersebut secara signifikan dapat meningkatkan omset sebesar 800% dalam 5 tahun terakhir. Bahkan kegiatan ini mampu menjadi pioner bagi perusahaan lain. Pelaksanaan dalam 20 tahun telah mengantarkan lebih dari 30.000 pedagang jamu dan asongan ke 7 kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah sebaiknya untuk kedepannya PT. Sido Muncul bisa menambah kota tujuan misalnya ke kota di Provinsi Jawa Timur sehingga kegiatan ini dapat dirasakan masyarakat secara lebih merata.

B. SEJARAH SINGKAT (PT SIDOMUNCUL)
PT. Sido Muncul merupakan perusahaan yang telah meramaikan industri jamu di tanah air. Kiprahnya dalam memproduksi jamu berkualitas di Indonesia telah dikenal
sejak lama dan telah diterima oleh masyarakat secara luas. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai profil sejarah PT. Sido Muncul maka bisa diuraikan sebagai berikut :
Dimulai pada tahun 1940 PT. Sido Muncul berdiri di Yogyakarta, yang dikelola dengan baik oleh Ny. Rakhmat Sulistio. Pada saat itu Sido Muncul hanyalan sebuah bisnis rumahan yang dikelola secara sederhana, tetapi berkat kegigihan mengembangkan usaha sukses maka Sido Muncul berubah dari tahun ke tahun menjadi perusahaan jamu bersekala besar.
Keluarga Ny. Rakhmat Sulistio pada tahun 1951 berpindah dari yogyakarta ke Semarang. Setelah itu mereka mendirikan pabrik jamu sederhana di kota Semarang dan ternyata produk jamu yang dihasilkan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Karena semakin besarnya jangkauan pemasaran jamu, maka modernisasi pabrik juga merupakan suatu hal yang mendesak.
            Pada tahun 1984, PT. Sido Muncul memulai melakukan modernisasi pabrik dan pada tanggal 11 November 2000, PT Sido Muncul meresmikan pabrik baru di Ungaran yang lebih luas dan modern. Selain itu PT Sido Muncul memperoleh penghargaan dari Mentri Kesehatan sebagai Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Pada tanggal 10 Pebruari 2010 acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3000m2.
Mengenai logo yang menjadi simbol PT. Sido Muncul berupa gambar seorang ibu dengan satu orang anak adalah gambar dari Ny. Rahkmat Sulistio dan Bapak Irwan Hidayat. Ny. Rakhmat Sulistio merupakan pendiri Jamu Sido Muncul, sedangkan Irwan Hidayat adalah cucu dari Ny Rakhmat Sulistio yang pada saat itu baru berusia 4 tahun. Bapak Irwan Hidayat sejak tahun 1972 menjabat sebagai Presiden Direktur PT Sido Muncul.
C. JENIS PERUSAHAAN
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) termasuk jenis perusahaan terbuka.
D. VISI DAN MISI PERUSAHAAN
Visi
Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.
Misi
·         Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional.
·         Mengembangkan research/penelitian yang berhubungan dengan  pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
·         Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.
·         Ikut mendorong pemerintah/ instansi resmi agar lebih berperan dalam  pengembangan pengobatan tradisional.

E. JUMLAH DAN STATUS KARYAWAN
.           Karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan, sehingga
sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memperhatikan pengembangan kompetensi dan kesejahteraan karyawan. Pengembangan kompetensi karyawan pada PT SidoMuncul sesuai dengan salah satu pilar aktivitas CSR oleh Prince of Wales International Business Forum yaitu building human capital secara internal. Dalam menciptakan SDM yang semakin baik, PTSidoMuncul mengadakan pendidikan dan pelatihan terkait pada seluruh karyawannya. Salah satu pelatihan yang terkait dengan kegiatan produksi perusahaan adalah pelatihan CPOB untuk perusahaan jamu dengan standarisasi dari Balai POM sebagai pemegang sertifikat CPOB Dan CPOTB. Pelatihan ini dilakukan hampir setiap hari, diikuti dari operator, ass. supervisor, supervisor, kepala unit, manajer, maintenance, perawat gedung, dan lain-lain.
Dalam meningkatkan produknya PT Sido Muncul didukung oleh karyawan yang mempunyai keahlian sehingga menjadikan perusahaan lebih berkonsentrasi dan inovatif . Untuk meningkatkan kemampuan para karyawannya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan kursus maupun seminar sehingga seluruh karyawan dapat melakukan perbaikan dan pembaharuan.
Saat ini karyawan Sido Muncul berjumlah lebih dari 2000 dengan tingkat pendidikan bervariasi dan ditempatkan sesuai keahlian, kemampuan, dan kapasitas nya masing-masing.Seperti manajer, super visor, karyawan produksi,dll.
Untuk mendukung pengembangan PT Sido Muncul juga merekrut konsultan yang ahli dibidang nya,seperti apoteker, dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis .

F. STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
Struktur organisasi di PT. Sido Muncul menganut sistem organisasi garis. Adapun diagram struktur organisasi PT. Sido Muncul telah terlampir di halaman lampiran.




BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PERUSAHAAN

A. BAHAN BAKU DAN SUMBER BAHAN BAKU
Produksi merupakan kegiatan mengolah bahan baku menjadi produk jadi. Proses produksi akan menambah nilai guna suatu produk . dalam kegiatan produksi, hal terpenting yang harus diperhatikan oleh PT. Sido Muncul adalah mengenai persediaan bahan baku. Persediaan bahan baku akan menunjang kelancaran kegiatan produksi di PT. Sido Muncul.
Sebelum melakukan proses pengolahan, persediaan bahan baku di simpan di gudang  bahan baku. Di gudang bahn baku terdapat berbagai macam bahan yang akan digunakan, diantaranya yaitu: laos, jahe, kunyit, lempuyang, kayu pasak bumi dan lain-lain. Bahan-bahan baku tersebut di datangkan dari berbagai daerah diantara lain daerah jawa tengah (Boyolali, Tawangmangu, Wonosobo), Kalimantan dan daerah diseluruh wilayah indonesia.
Bahan baku diambil dari daerah atau sekitar pabrik. Selain itu bahan baku yang diambil adalah bahan baku yang dalam kondisi kering, hal tersebut guna memudahkan proses penyimpan secara baik agar kualitas bahan baku tetap terjaga. Bahn baku pun didapat dalamrantai pasokan yang panjang sehingga harus dalam kondisi kering.
Penerimaan bahan baku juga dilakukan dalam gudang bahan baku. Setiap ada bahan baku yang baru datang, harus dicek terlebih dahulu sebelum disimpan dalam gudang bahan baku. Pengecekan bahan baju dilakukan oleh tim QC (TQC/ Team Quality Control).
Beberapa tugas TQC adalah sebagai berikut:
1.    Mengecek tentang kebenaran bahan baku.
2.    Mengecek tentang kebersihan bahan baku.
3.    Mengecek kadar air bahan baku.
Persediaan bahan baku dengan sistem FIFO (first in, first out) hal ini dilakukan guna tidak adanya bahan baku yang menumpuk atau tersimpan terlalu lama yang berakibat pada rusaknya bahan baku.

B. JENIS PERALATAN PRODUKSI
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi yang canggih untuk mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan higienis karena PT Sido Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi memiliki fasilitas laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah. Maka dari itu PT Sido Muncul menggunakan Mesin-mesin modern untuk mengolah produknya.

C. PROSES PRODUKSI
Proses produksi jamu di PT. Sido Muncul ini yang pertama adalah penerimaan bahan baku, bahan baku nyang datang segera dicek QC (Quality Control), setelah terbukti memenuhi standar penerimaan dan standar penggunaan kemudian bhan baku dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan bahan baku. Bahan baku yang akan dipakai diambil dari gudang penyimpanan bahan baku kemudian disortasi, setelah disortasi kemudian bahan baku dicuci, dikeringkan, digiling, baru kemudian dicampur(mixing). Dalam proses pencampuran bahan ini kami tidak diperkenankan untuk melihatnya karena merupakan rahasia perusahaan.
            Sesudah proses pencampuran selesai kemudian hasilnya dialirkan melalui pipa-pipa untuk dilakukan proses pengemasan primer (packaging primer) menggunakan dua mesin line dan delapan line. Kemudian masuk ke proses pengemasan sekunder (packaging sekunder), disini produk yang sudah jadi dicek kembali dengan cara uji sempel.setelah selesai proses pengemasan sekunder kemudian produk siap untuk didistribusikan.  
D. JENIS DAN MODEL PRODUK
Tiper serbuk: kuku bima, kuku bima ginseng, kuku bima TL, kuku bima plus tribulus.
Tipe saset : Tolak Angin, Tolak Angin Ekstra Hangat.
Tipe saset hisap: Tolak Angin Permen.
Tipe Fls: Tolak Angin Anak, Tolak Angin Flu.

Ekstrak Sari Kulit Manggis Sido Muncul
sari Ekstrak kulit manggis memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Xanthone, kandungan dalam kulit manggis merupakan salah satu jenis antioksidan untuk membantu proses perawatan penyakit degeneratif.

Ekstrak sari daun sirsak SidoMuncul
Daun sirsak memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Juga berfungsi sebagai antioksidan alami.

Ekstrak Sari Kunyit Sdo Muncul
Selain sebagai antioksidan alami, kurkuminoid yang terkandung dalam kunyit sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Sakit maag, tukak lambung, IBS, dll.

Estrak Daun Pepaya Sido Muncul
Banyak orang tidak menyukai daun pepaya yang pahit rasanya. Tetapi sekarang sido muncul mengolahnya menjadi kapsul, bagi anda yang ingin menambah berat badan, Sido Muncul Sari Daun Pepaya bisa menjadi pilihan.


Kuku Bima TL Forte Sido Muncul
Mengatasi permasalahan  seksual pria. Seperti: impotensi, ejakulasi dini, disfungsi ereksi atau waktu ereksi pendek, meningkatan libido, meningkatkan vitalitas dan kebugaran, meningkatkan kualitas sperma.

Ekstrak Temulawak Sido Muncul
Menjaga kesehatan organ hati, meningkatkan nafsu makan, membantu proses pengobatan hepatitis, meringankan psoriasis.

Hepacomb Sido Muncul
Anti hepatotoksik dengan menurunkan aktivitas glutamat piruvat transferase sehingga mencegah kerusakan sel-sel hati.

Libidione Sido Muncul
Melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan daya ingat. Vasodilator menambah elastisitas sehingga memudahkan ereksi, meningkatkan penampilan fisik dan keseimbangan hormon.

Nonik Sido Muncul
Mengkudu anti inflamasi, antihistamin, membantu turun tekanan darah, membantu turun kolesterol. Membpelebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah.

Lingzhi Sido Muncul
Membantu menormalkan gula darah, tekanan darah dan kolesterol. Mengandung polisakarida glukan, meningkatkan daya tahan tubuh.

Remago Sido Muncul
Membantu pengobatab rematik, nyeri sendi dan gangguan-gangguan pada persendian (nyeri sendi, bengkak, kaku sendi). Menekan rasa mual dan muntah termasuk pada pasien setelah habis operasi, meringankan gejala pusing-pusing.

Suprasi Sido Muncul
Meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu), mengatasi kekurangan Vit A pada ibu yang menyusui, meredakan panas dalam.

Billberry Carrot Sido Muncul
Mengatasi mata lelah karena banyak membaca dan nonton tv, mata lelah karena mengendarai kendaraan, melihat komputer lama, menghambat proses mata minus, membuat mata lebih cemerlang dan segar.

E.PANGSA PASAR
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) disebut merupakan satu-satunya perusahaan jamu Indonesia yang melantai di bursa saham tanah air. Selain ingin memperoleh suntikan modal, langkah Sido Muncul itu juga untuk menunjukkan eksistensinya di pasar global. Produk andalannya yang kini mulai mendunia yakni jamu masuk angin Tolak Angin tembus berbagai belahan dunia seperti ASEAN, Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah dan Afrika
Perusahaan jamu dan farmasi PT Sido Muncul Tbk berencana menerbitkan lisensi pengembangan produk Tolak Angin di negara maju, antara lain Taiwan, Singapura, dan Jepang. Langkah itu menjadi strategi meningkatkan penetrasi produk perseroan di pasar internasional.
Pihaknya juga akan mendistribusikan ekstraksi temu lawak dan kunyit ke Jepang dan Taiwan. Untuk itu, perseroan memperluas pabrik Semarang Herbal Indo Plant untuk menam bah kapasitas produksi bahan baku hingga 100%.
Saat ini 90% pangsa pasar produk dari perusahaan yang berdiri pada 1940 itu masih berkonsentrasi di dalam negeri.
Kini, produk-produk Sido Muncul telah berhasil di ekspor ke beberapa negara Asia Tenggara (Malaysia, Singapore, Brunei dll), Australia, Korea, Nigeria, Algeria, Hong Kong, USA, Saudi Arabia, Mongolia dan Rusia. Saat ini perseroan juga tengah melakukan penjajagan dengan distributor dan perusahaan asal Thailand, Vietnam dan Jepang. Sidomuncul menargetkan dapat menguasai 10 persen pasar produk serupa di Singapura dan Australia. Tahap selanjutnya, PT Sidomuncul sedang menjajaki pasar Timur Tengah dan Eropa.

F. SUMBER MODAL
PT Sidomuncul merupakan perusahaan yang tidak ingin menentukan modalnya pada pihak bank. Pihaknya lebih mengutamakan sumber modal yang dipakai berasal dari uang pribadi atau saham.
Sidomuncul menggunakan sebagian besar uang pribadi dan saham yang dimiliki untuk menambah modal dalam proses kegiatan. Terdapat beberapa penggunaan dana dari hasil saham yang dibuka oleh sidomuncul.
Penggunaan dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk keperluan sebagai berikut:
1.Sekitar 56% akan digunakan sebagai modal kerja Perseroan, yaitu untuk meningkatkan jumlah persediaan bahan baku dan pembantu serta barang jadi Perseroan.
2.Sekitar 42% akan digunakan untuk investasi dengan rincian sebagai berikut:
a.Sekitar 55% akan digunakan untuk investasi Perseroan dalam pembelian tanah dan pembangunan pabrik baru beserta dengan pembelian fasilitas penunjangnya, yang keduanya terletak di wilayah Semarang dan ditujukan untuk mendukung kegiatan produksi Tolak Angin dengan rincian sebagai berikut:
xSekitar 6% akan digunakan untuk pembelian tanah;
xSekitar 44% akan digunakan untuk pembangunan pabrik baru; dan
xSekitar 50% akan digunakan untuk pembelian mesin dan fasilitas penunjang.
b.Sekitar 21% akan digunakan untuk investasi pada Entitas
Anak yaitu PT Muncul Mekar dalam rangka pembelian tanah seluas ±18.000 m untuk pembangunan gudang barang jadi beserta dengan fasilitas penunjangnya yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dengan rincian sebagai berikut:
xSekitar 16% akan digunakan untuk pembelian tanah;
xSekitar 71% akan digunakan untuk pembangunan gudang barang jadi; dan
xSekitar 13% akan digunakan untuk pembelian fasilitas penunjang.
c.Sekitar 24% akan digunakan untuk investasi pada Entitas Anak yaitu PT Semarang Herbal Indo Plant dalam rangka pembangunan pabrik ekstraksi dan pembelian mesin ekstraksi dan peralatan penunjang produksi lainnya.
G. PENGELOLAAN KEUANGAN YANG DILAKUKAN
Pengelolaan keuangan yang dilakukan sidomuncul dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya, bagian keuangan , bagian penggajian, bagian pembayaran pajak, dan lain-lain. Beberapa bagian keuangan tersebut diatur oleh manajer keuangan dibawah pimpinan Direktur keuangan. Adapun tugas yang dilakukan oleh pengelolaan keuangan tersebut adalah sebagai berikut :
A.   Bagian keuangan
1.    Menetapkan struktur keuangan entitas.
2.    Mengalokasikan dana sedemikian rupa agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau profitabilitas yang maksimal.
3.    Mengendalikan keuangan perusahaan dengan mengadakan sistem dan prosedur yang dapat mencegah penyimpangan dan mengambil langkah perbaikan jika terjadi penyimpangan di dalam pelaksanaan usaha dan memengaruhi struktur keuangan dan alokasi dana.
B.   Bagian pembayaran gaji
Bagian pembayaran gaji mengelola pembayaran gaji setiap karyawannya. Mengendalikan keuangan karyawan, membuat laporan keuangan karyawan.
C.   Bagian pembayaran pajak
Bertugas untuk mengawasi, mengendalikan uang yang masuk untuk digunakan dalam pembayaran pajak beserta membuat laporan keuangannya.

H. SISTEM PENCATATAN AKUNTANSI YANG DIGUNAKAN
Sistem pencatatan akuntansi yang digunakan oleh PT SIDO MUNCUL yaitu biasanya berupa laporan keuangan seperti membuat laporan laba/rugi, laporan ekuitas dan neraca. Komputerisasi akuntansi juga dilakukan untuk membackup data. Pencatatan manual dan komputer dilakukan agar data yang diperoleh semakin lengkap.
BAB IV
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Kesimpulan dari Laporan Kunjungan Industri di PT. Sido Muncul ini yaitu :
1. Sido Muncul hanyalah sebuah bisnis rumahan yang dikelola secara sederhana, tetapi berkat kegigihan mengembangkan usaha sukses maka Sido Muncul berubah dari tahun ketahun menjadi perusahaan jamu skala besar.
2. Di PT. Sido Muncul tenaga kerja diperoleh umunya berasal dari luar perusahaan.
3. PT. Sido Muncul menganut sistem organisasi garis.
4. Pada saat ini PT. Sido Muncul menggunakan kurang lebih 150 jenis bahan meliputi rimpang, akar, daun, bunga, buah, dan juga biji.
5. Bahan baku tersebut diperoleh dengan cara menanamnya sendiri dan ada juga yang diimpor.
6. Secara umum limbah yang berasal dari PT. Sido Muncul dibagi menjadi limbah padat dan limbah cair.

B.   Kesan dan Saran
Untuk menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat.
1.     Kesan:
a. Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik.
b. Kunjungan industri ini sangat bermanfaat, karena kita bisa melihat langsung karyawan - karyawan yang sedang bekerja  di perusahaan tersebut.
c. Kami mendapatkan banyak keterangan dan pengalaman mengenai perusahaan tersebut.
2.     Saran:
a. Sebaiknya pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskannya.
b. Sebaiknya siswa dapat dijelaskan seluruh proses produksi sampai pada tahap pengolahan limbah.





No comments:

Post a Comment